NUPTK Online


NUPTK Online disiapkan oleh Direktorat PMPTK dalam rangka memberikan layanan prima bagi semua pihak yang memerlukan validasi data NUPTK

Beberapa fitur yang dimiliki oleh aplikasi ini diantaranya, mampu menampilkan data personal berdasarkan beberapa kriteria diantaranya :

  • Berdasarkan Nomor NUPTK
  • Berdasarkan Nama PTK
  • Berdasarkan Nama Sekolah
  • dll

Disamping itu data pun telah di kelompokkan berdasarkan wilayah yang akan membantu mempermudah proses pencarian

So silahkan cek data NUPTK Anda dengan prosedur berikut :

  • Download aplikasi NUTPKwebbrowser (Klik disini untuk mendownload)
  • Buka aplikasi tersebut
  • Lakukan pencarian berdasarkan kriteria yang ada
  • Cek datanya apakah Nama dan NUPTK Anda tercantum didatabase

Terimakasih, dan semoga membantu

Note:
Bila nama Anda belum tercantum,  beberapa kemungkinannya adalah :

  • Anda belum mengajukan permohonan Nomor NUPTK
  • Data ajuan NUPTK Anda belum lengkap sehingga tidak terproses (NUPTK akan di-generate secara otomatis bila datanya lengkap)
  • Rata-rata waktu yang diperlukan dalam pemrosesan NUPTK adalah selama 2 bulan. So silahkan cek beberapa waktu kemudian

Bila menemui kendala tersebut silahkan cek database NUPTK Anda di lokal Kabupaten, silahkan datang ke kantor dinas dan ketemu dengan Pak Airudin Jafar untuk memastikan data isian NUPTK Anda.

Pelaksana Subag Perencanaan Dinas Pendidikan Kabupaten Tangerang

Tagged with: ,
Posted in Umum
28 comments on “NUPTK Online
  1. Shodikin, S.Pd says:

    Terima kasih pak Cecep atas semua informasi yang telah disampaikan. Terus update informasi mengenai Dispendik Kab. Tangerang supaya kami bisa mengetahui perkembangannya dari lapangan..

  2. cevi says:

    Assalamu’alaikum pak.
    Saya dari Staf Tata Usaha SMPN 1 Jayanti mau bertanya, di sekolah kami ada dua pegawai yang belum ada di database itu:
    1. Disebabkan karena apa pak. Sebab pada tahun 2009 dan tahun 2010, dua pegawai di SMPN 1 Jayanti telah mengisi form instrumen PTK, dan data tsb sudah dikirim ke Diknas Tangerang.
    2. Untuk mencetak hasil (print out) PTK yang ada di aplikasi NUPTK WebBrowser tsb gimana caranya pak. Teman-teman saya pada kebingungan pak, terutama Guru PNS yang sudah Sertifikasi dengan melampirkan print out data PTK yang dikeluarkan oleh Ditjen PMPTK.
    Saya mohon bantuan bapak.
    Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

    • @cevi
      1. Silahkan datang langsung ke kantor dinas untuk mengecek isian instrumen database pengajuan NUPTK, khawatir ada data yang belum lengkap dari personil tersebut. Bila belum lengkap, maka NUPTK tidak akan terproses, meskipun sudah dari tahun 209 terisi.
      2. NUPTKWebbrowser tidak memiliki fitur cetak data. Silahkan bapak datang langsung ke kantor dinas untuk meminta cetak data PTK dimaksud

      Terimakasih

  3. dessy says:

    Assalamualaikum, Wr. Wb.
    Maaf pak, mau tanya, apakah kalau sekolah saya belum memiliki NSS namun sudah ada NPSN tidak diperbolehkan mengajukan NUPTK ke dinas pendidikan kabupaten? Saya sudah dua kali mengajukan NUPTK, hanya karena sekolah belum memiliki NSS saya harus balik kanan……………..
    Mohon pencerahannya. Terimakasih
    Wassalamualaikum, Wr. Wb.

    • Tahun anggaran 2011 ini akan ada update-ing database NSS. Pelaksanaannya kemungkinan akan dilakukan di bulan Mei.
      So, pastikan sekolah ibu terdata. Siapkan saja SK Pendirian/Ijin Operasional Sekolah sebagai bahan kami untuk menggenerate NSS untuk sekolah ibu.
      Terimakasih.

  4. Achmad Sopiyan says:

    Assalamu’alaikum………
    Pa, untuk mutasi NUPTK bisa diproses lewat sekolah masing-masing tidak tanpa harus ke diknas?
    kalau lewat website bisa tidak ?
    Thanks….

    • @Achmad Sopiyan
      Mutasi hanya dapat dilakukan oleh operator NUPTK di tingkat dinas. Jadi Bapak harus datang ke kantor dinas. Sekalian membetulkan kelengkapan database personal yang tercatat di aplikasi NUPTK, sebaiknya dibawa juga beberapa kelengkapan arsip berikut : 1) SK Pertama menjadi guru; 2) SK Status yang menyatakan apakah bapak PNS/GTY/GTT; 3) SK Jam mengajar yang mencantumkan nama Bapak, Mata Pelajaran yang diajarkan dan jumlah jam mengajarnya. Untuk kepastian edit data, sebaiknya dibawa berkas yang asli-nya.

  5. rifqi awami says:

    ass.. wr wb.
    pak, saya mau tanya, saya sudah cek nuptk melalui nuptkweb browser,
    tapi yang muncul hanya nama sekolah dan jumlah yang sudah memiliki nuptk,
    yang saya mau tanyakan, bisakah di aplikasi tersebut melihat data masing- masing guru..
    terimakasih..

    • @rifqi
      Identitas seseorang merupakan informasi pribadi yang harus dijaga kerahasiaannya. Apabila melalui NUPTKWebbrowser sesorang yang tidak dikenal dapat melihat data orang lain dengan mudah dan lengkap maka itu melanggar hak privasi dan juga dapat mengakibatkan banyak potensi kejahatan yang mungkin muncul. So memang seharusnya data pribadi tidak boleh di publikasikan. Oleh karena itu maka di NUPTKWebbrowser Bapak hanya bisa melihat nama sekolah dan Nama Guru berikut NUPTK-nya saja, tidak yang lainnya.

      Apabila bapak perlu melihat lebih detail (dalam rangka koreksi data) silahkan bapak datang ke kantor dinas pendidikan dan bertemu dengan operator NUPTK di sana.
      Terimakasih.

  6. eka says:

    ass…maap pa cecep ditail ptk Nuptk webbroser tidak bisa di buka karena membutuhkan user name dan paswrod.tolong minta user name dan pasweodnya donk agar bisa terbuka ditail PTK nya…Thank……

    • Walah, informasi pribadi seseorang itu dilindungi dan termasuk rahasia. hanya atas ijin yang bersangkutan data mereka bisa dilihat oleh orang lain. NUPTK Webbrowser menggunakan prinsip itu (rahasia dan harus dilindungi) makanya tidak bisa dilihat detailnya. So kalau bapak perlu melihat data detail bapak maka memang satu-satunya cara ya … harus ketemu sama operator NUPTK di Dinas Pendidikan, begitu🙂

  7. Muliyani Rosanthi says:

    Assalamua’alaikum, pak cecep saya sangat berterimakasih dengan adanya NUPTK online ini, kami 6 guru di Balikpapan di sekolah yang sama, kami sudah mengajar selama 10 tahun lebih,dan usia kami sudah di atas 36 tahun, saat melihat daftar guru calon peserta sertifikasi pada bulan Oktober, ternyata nama kami berenam saja yang belum ada namanya, saat itu kami langsung ke kantor dinas untuk mengoreksi data kami untuk diajukan kembali, ternyata pada 1 Desember data kami belum ada juga sampai sekarang yang masuk kuota layak paling muda 28 tahun, apa yang harus kami lakukan ya pak, mengingat umur kami sudah terlewat jauh, terima kasih atas jawaban yang diberikan

    • Kalau memang betul ibu memenuhi syarat (S-1, guru tetap, 7 tahun masa kerja) tentu nama ibu akan teseleksi oleh sistem secara otomatis dan muncul sebagai calon peserta sertifikasi. Ketidakmunculan nama ibu di daftar layak sertifikasi sangat dipengaruhi oleh kondisi data personal ibu yang tercatat di datase NUPTK. Bisa saja pada saat pengambilan “data layak” mungkin data ibu ada yang tidak sesuai semisal : kualifikasi ijazahnya belum tercantum S1, status PNS/GTY -nya belum sesuai atau bahkan masa kerjanya yang tidak sesuai. Ketiga variabel tersebut harus terpenuhi dahulu agar ibu masuk kategori “layak”. Sepengetahuan kami, sistem melakukan pengambilan data dan melakukan perengkinan itu pada tanggal 01 Desember 2011, bisa jadi juga pada saat itu data ibu belum ter-update. Sehingga perubahana data apapun yang ibu lakukan setelah tanggal tersebut tidak akan mempengaruhi hasil perengkingan yang sudah ada. Saya curiga mungkin faktor itu (terlambat edit) yang membuat nama ibu tidak muncul sebagai peserta “layak” sertifikasi. Itu hanya asumsi saya, mohon maaf terimakasih.

  8. A. Daud says:

    Pak punten mohon bantuan no NUPTK
    Nama : AHMAD DAUD
    Tempat, Tgl lahir : Lampung, 01 November 1971
    Ibu Kandung : Zuriah
    Instansi : PAUD Cahaya Bukit Gading Balaraja

    Haturnuhun

  9. Chairul says:

    Assalamu’alaikum wr wb
    Kami dari SDN Rancalabuh 2 Kec. Kemiri sedang mempersiapkan kelengkapan data untuk instrumen validasiverifikasi KTSP dokumen 1 dan sedang membutuhkan Peraturan Daerah No. 9 tahun 2011. Sudah kami search-ing dimana-mana tapi belum juga bisa menemukannya,. Bagaimana dan harus kemana kami mencarinya? Mohon bantuannya!

  10. irwan listiyo putro says:

    assalamualaikum
    pak cecep tolong update NUPTK SAYA 7944761662200002 kalau di cek atas nama Eko Adi Saputro, Padahal sudah jelas di Webbrowser milik saya IRWAN LISTIYO PUTRO
    TRIMS

  11. Assalamuallaikum wr. wb… Pa Cecep, sy mau menanyakan no NUPTK atas nama
    Bunajat Tohir, unit kerja MTs AL-FIKR Desa. Gembong, Kec. Balaraja-Tangerang. sudah di terbitkan di Webbrowser NUPTK Online belum, dengan ini saya mohon NUPTK saya atas nama di atas bapa bisa menerbitkannya. atas perhatiannya terimakasih, pa cecep. dan mohon kirim NUPTK saya ke email smp_nejay84@yahoo.com. terimaksih…

  12. indra says:

    assalamualaikum..pak cecep ..maaf saya mw tanya ..pada tahun 2010. saya mendapat beasisiwa tapi saya tidak dapat buku tabungannya .2 rekan saya menerima nya dan saya tidak dapat tapi di data penerima beasiswa itu saya ada …mohon bantuannya pak ..

  13. taqy says:

    Assalamualaikum, pak apa benar yang sudah punya NUPTK harus di online langsung kekantor diknas?

  14. Assalamualaikum Wr.Wb
    Maaf pak saya mau tanya bagaimana cara mencari data NUPTK, saya bekrja diruanglingkup Depag, yaitu MI Raudlatul Aulad,, saya masih bingung pak tuk nyarinya

  15. kornelius says:

    Maaf pak saya mau tanya untuk proses mutasi Nuptk saya dari surabaya ke jakarta timur saat ke operator di dinas dikatakan saat ini belum bisa melakukan proses mutasi nuptk bahkan sejak dari bulan Januari 2012 karena belum online,jadi saya disuruh menunggu hingga online. Apakah memang demikian pak, dan saya harus menunggu sampai kapan.terima kasih

  16. Ahmad jarkori says:

    assalamu’alaikum,,buat admin,,saya mw tanya,,kenapa NUPTK saya belum terbit-terbit juga,,udh lebih dari 2 bulan.
    tolong diurus pa,,

  17. pa tolong,,saya
    NAMA: AHMAD JARKORI,
    TTL : Tangerang, 13 juni 1985
    dari SMP PUTRA NEGARA
    telah mengajukan NUPTK telah lebih dari 2 bulan belum terbit-terbit juga NUPTKnya,,

  18. Ambo Ala says:

    Assalamu’alaikum pak
    Nama saya: Ambo Ala, S.Pd
    NUPTK: 7242758659200003
    Sebelumnya saya bertugas di SDIT Al-Ihsan Pasar Minggu Jaksel
    dan Sekarang saya bertugas di MTs Al-Adzkar Pamulang….
    bagaimana pak cara Mutasi NUPTK saya ??
    Terimakasih atas bantuannya, email saya: amboala@aladzkar.com

  19. pa aplikasi nya tisak bisa di unduh..web eror!!!

  20. Rusdi says:

    Assallamu’alaikum Wr.Wb.
    Pak Cecep yang budiman, aye minta penjelasan dari bapak dalam pengentrian di PTK jumlah jam mengajar untuk PNS kan harus lebih 24 jam/minggu
    misal guru kelas 6 (32 jam/minggu umpama)
    di ambil 2 jam untuk guru agama (gr bid)
    di ambil 2 jam untuk guru bahasa inggris (gr bid)
    di ambil 2 jam untuk guru penjas (gr bid)
    sisa =26
    seperti itu bukan pak cara penghitungannya

  21. jaji says:

    PA MO TANYA apakah CALON PENDAPTAR NUPTK 1992 SUDAH DI BUKA

Leave a Reply

