Kelayakan Data “Guru Layak”


Bagi mereka yang namanya muncul di situs (http://sergur.pusbangprodik.org) dan di file ini (http://www.ziddu.com/download/17042421/Daftar-Guru-Layak-Sertifikasi-Kab-Tangerang-2012.xls.html), harap memperbatikan beberapa hal berikut :

Kriteria guru layak sertifikasi itu seperti apa sih ?

Persyaratan :

1. Guru yang masih aktif mengajar di sekolah di bawah binaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2. Memiliki kualifikasi akademik sarjana (S-1) atau diploma empat (D-IV) dari program studi yang terakreditasi atau minimal memiliki izin penyelenggaraan.
3. Guru yang diangkat dalam jabatan pengawas dengan ketentuan:
bagi pengawas satuan pendidikan selain dari guru yang diangkat sebelum berlakunya Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru (1 Desember 2008), atau
bagi pengawas selain dari guru yang diangkat setelah berlakunya Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru harus pernah memiliki pengalaman formal sebagai guru.
4. Guru bukan PNS pada sekolah swasta yang memiliki SK sebagai guru tetap dari penyelenggara pendidikan (guru tetap yayasan), sedangkan guru bukan PNS pada sekolah negeri harus memiliki SK pengangkatan sebagai guru dari Bupati/Walikota atau dinas pendidikan provinsi/ kabupaten/kota.
5. Sudah menjadi guru pada saat Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen ditetapkan (30 Desember 2005).
6. Pada tanggal 1 Januari 2013 belum memasuki usia 60 tahun.
7. Memiliki nomor unik pendidik dan tenaga kependidikan (NUPTK).
8. Guru dan guru yang diangkat dalam jabatan pengawas satuan pendidikan yang BELUM memiliki kualifikasi akademik S-1/D-IV apabila:
pada 1 Januari 2012 sudah mencapai usia 50 tahun dan mempunyai pengalaman kerja 20 tahun sebagai guru, atau
mempunyai golongan IV/a atau memenuhi angka kredit kumulatif setara dengan golongan IV/a (dibuktikan dengan SK kenaikan pangkat).

Kok ada guru yang tidak memenuhi persyaratan diatas tapi muncul di data tersebut ? 

Sepertinya terjadi kesalahan query/pencarian data oleh sistem terhadap database NUPTK yang ada sehingga data terpilih yang muncul tidak sesuai dengan yang seharusnya.

Bagaimana mensikapi data tersebut ?

Data yang muncul lebih sebagai bahan koreksi dan informasi saja. Bila Anda layak menurut kriteria dan  muncul di data tersebut maka itu sebagai bahan laporan kami bahwa hasil update data yang anda lakukan di dinas pendidikan memang tersimpan oleh sistem.

Saya sangat layak tetapi kok tidak muncul namanya?

Data yang muncul sebagai “Guru Layak” adalah data per-tanggal 30 September 2011, so bila anda memperbaiki data-nya lewat dari tanggal tersebut nama Anda tidak akan muncul.

Saya sudah memperbaiki data jauh sebelum tanggal 30 september 2011 tapi tetap tidak muncul padahal saya layak ?

Harap segera lakukan koreksi data dengan mendatangi operator NUPTK sampai dengan tanggal 01 Desember 2011. Bawa semua kelengkapan dokumen yang diperlukan untuk mempermudah perbaikan data. Pastikan Anda mendapatkan bukti “Edit Online” dari petugas setelah perbaikan tersebut.

Bagaimana melaporkan guru yang tidak layak (Sudah Meninggal/Non PNS di Sekolah Negeri tetapi tidak memiliki SK Kepala Dinas/Belum S-1, dll) tersebut agar data mereka tidak kembali muncul sebagai “guru layak” ?

Kami harap Kepala Sekolah bersifat pro-aktif dengan mendatangi petugas NUPTK dan meng-koreksi seluruh guru (yang tidak layak ) tersebut. Untuk menghindari konflik kepentingan, kami tidak bisa mengkoreksi data tersebut hanya atas dasar laporan orang per orang.

Kapan kepastian tentang guru layak sertifikasi untuk tahun 2012 ?

Sesuai tenggat waktu, per-tanggal 01 Desember 2011 semoga kita sudah bisa peroleh data guru layak yang memang sesuai kriteria.

Pelaksana Subag Perencanaan Dinas Pendidikan Kabupaten Tangerang

Tagged with:
Posted in Umum
%d bloggers like this: