Pendataan Pendidikan Dasar


Download :

Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar, Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan kembali mengeluarkan Aplikasi Pendataan khusus untuk Pendataan Pendidikan Dasar (SD dan SMP). Aplikasi Pendataan tersebut mengumpulkan 3 (tiga) kelompok utama jenis data yaitu : 1) Data Sekolah/F-SEK; 2) Data Pendidik dan Tenaga Kependidikan/F-PTK; dan 3) Data Peserta Didik/F-PD.  Instrumen dari setiap kelompok data tersebut telah menjadi lampiran dari Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 51 Tahun 2011 tentang Petunjuk Teknis Penggunaan Dana BOS dan Keuangan Laporan BOS Tahun 2012. Didalam Juknis BOS 2012, ketiga instrumen tersebut diberi kode BOS-01A, BOS-01B dan BOS-01C.

Data yang diperoleh dari sekolah akan digunakan untuk dasar perencanaan, evaluasi dan kebijakan nasional serta dasar bagi pemerintah pusat dan daerah untuk pemberian bantuan kepada sekolah yang antara lain mencakup program :

  1. Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dari sumber APBN
  2. Bantuan Operasional Sekolah dari sumber APBD (BOSDA/BOSP)
  3. Rehabilitasi Ruang Belajar (ruang kelas, perpustakaan, laboratorium, dll)
  4. Dana Alokasi Khusus (DAK)
  5. Ruang Kelas Baru
  6. Subsidi bagi siswa kurang mampu secara ekonomi
  7. Subsidi/tunjangan bagi guru
  8. dan lain sebagainya.

Konsekuensi bagi sekolah, Sebagaimana telah disebutkan sebelumnya, kelengkapan data yang akan dikiirm oleh sekolah akan menjadi dasar pemberian jenis dan besar bantuan dari pemerintah dan pemerintah daerah kepada masing-masing sekolah. Oleh karena itu, sekolah yang tidak memberikan data tidak akan dapat dialokasikan segala jenis bantuan kepada sekolah yang bersangkutan. Demikian juga, data yang tidak akurat, akan mengakibatkan ketidaktepatan jenis dan besar bantuan yang diberikan. Sekolah diharuskan memberikan data yang akurat dan dapat dipertanggungjawabkan, karena data tersebut akan dijadikan dasar untuk evaluasi dan audit kepada sekolah.

Langkah-langkah mekanisme pengisian data sekolah, adalah sebagai berikut:

  1. Sekolah menggandakan/mengcopy formulir sesuai dengan kebutuhan. Misalnya untuk formulir F-PD digandakan sebanyak jumlah siswa, demikian juga F-PTK.
  2. Sekolah membagi formulir kepada individu yang bersangkutan untuk diisi secara manual selanjutnya dikumpulkan oleh sekolah.
  3. Sekolah memasukkan data kedalam sistem database yang telah disiapkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar, Kemdikbud.
  4. Pengisian data dilakukan di sekolah (di komputer milik sekolah) oleh petugas yang ditunjuk oleh kepala sekolah.
  5. Apabila dalam keadaan tertentu, pengisian data tidak dapat dilakukan oleh sekolah karena tidak ada komputer/listrik atau tidak ada tenaga yang mampu, sekolah dapat melakukan ditempat lain dengan mempertimbangkan efisiensi biaya dan keamanan kerahasiaan data. Jika memungkinkan, disarankan dilakukan di sekolah lain terdekat yang memiliki fasilitas komputer dan tenaga yang terampil atau di Kantor Dinas Pendidikan Kecamatan/Kabupaten.
  6. Sekolah harus selalu mem-backup data yang telah dientri.
  7. Formulir yang telah diisi secara manual oleh siswa/guru/sekolah harus disimpan di sekolah masing-masing untuk keperluan monitoring dan audit.
  8. Setelah data selesai dimasukkan oleh sekolah kedalam sistem database, sekolah mengirim data tersebut secara on-line ke server di pusat.
  9. Setelah data terkirim ke server secara on-line sekolah melakukan verifikasi data ke kab/kota dengan membawa bukti fisik berupa: daftar absensi siswa (softcopy data hasil entry, absensi kelas, dan dokumen PTK (Ijasah, KTP, NUPTK dan SK Pengangkatan).

Pada prinsipnya, proses pendataan sekolah adalah tanggung-jawab sekolah masing-masing. Data yang dikirim oleh sekolah adalah untuk kepentingan sekolah. Sekolah yang telah memiliki fasilitas komputer dan perlengkapan lainnya (modem/internet dls), pendataan harus menggunakan fasilitas yang ada. Dalam hal biaya yang diperlukan untuk proses pendataan pada prinsipnya dapat mencakup komponen sebagai berikut:

  1. Biaya penggandaan formulir
  2. Biaya penyewaan komputer/internet
  3. Biaya jasa pemasukan data

Komponen pembiayaan tersebut dapat diambil dari dana BOS, dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Sekolah yang telah memiliki komputer dan telah berlangganan internet secara reguler di sekolah, tidak diperkenankan ada pengeluaran khusus penyewaan komputer/internet untuk proses pendataan. Biaya untuk penyewaan komputer/internet hanya diperkenankan bagi sekolah yang tidak memiliki fasilitas tersebut.
  2. Sekolah yang telah memiliki tenaga operator komputer yang secara rutin memiliki tugas pendataan dan telah dibiayai secara rutin oleh sekolah, sekolah diharapkan memanfaatkan tenaga tersebut untuk pemasukan data sebagai tugas rutinnya.
  3. Besar biaya untuk penggandaan, penyewaan komputer/internet dan jasa pemasukan data harus mengikuti batas kewajaran setempat. Batas kewajaran ini harus dibuktikan dengan bukti pengeluaran yang sah, disimpan oleh sekolah untuk keperluan audit.

Info Selengkapnya silahkan kunjungi Website http://infopendataan.dikdas.kemdiknas.go.id

Pelaksana Subag Perencanaan Dinas Pendidikan Kabupaten Tangerang

Tagged with:
Posted in Umum
11 comments on “Pendataan Pendidikan Dasar
  1. sayim says:

    formulir pendataan dikdas tidak terbaca

  2. PAK, KAMI SANGAT SENANG MEMBACA INFORMASI INI. O YA PAK, KAMI AKAN MENGADAKAN PELATIHAN GRATIS IT UNTUK 500 GURU PADA TANGGAL 5 MEI 2012. JIKA BAPAK BERKENAN KAMI BERSEDIA MEN-ESTAFET-KAN INFORMASI INI. UNTUK ITU BAPAK BISA MENGHUBUNGI KAMI : TUTI J. RISMARINI (SMPN 2 PAGEDANGAN). TERIMAKASIH DAN SALAM JUANG

  3. mahpud isnaeni says:

    mohon maaf sebelumnya, saya hanya ingin menanyaka Daftar Kode Regitrasi SD untuk SD Negeri Jeungjing II, knpa tidak ada??

  4. pak, cara untuk mengirim data formulir siswa bagaimana?
    dan nomor registrasi sekolah untuk mengetahuinya bagaimana cara ny???

  5. sdn kaduagung1 says:

    Ass. mohon mf pak sebelumnya. sy mw tanya tentang aplikasi data pak. sblmny sy sudah memasukan data lwt komptr sklh. dn mw mlnjtkn d laptop. sy instal ulang. tapi semua datanya mulai dari awal lagi. kemudian sya restore trlbh dahulu tapi aplikasiny tdk bs dibuka lagi. mohon solusi dan caranya y pak, krn sy msh kurg paham

  6. ERIYANSAH says:

    Ass,pak sy mau menanyakan tentang tunjangan terpencil dikepulauan kok cm sebagian guru yang dapat? sy bertugas sebagai guru SD di sdn 04 Pulau Maya.

  7. alma says:

    Bisa ga aplikasi pendataan ini di install untuk 2 sekolah dalam 1 komputer

  8. ahmad yani says:

    ass, saya dari gugus 06 jayanti, mohon pencerahan cara menghapus data sekolah yang ganda. trims

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: