Dapodik dan Sertifikasi


PENTING !

Diinformasikan kepada seluruh operator dapodik sekolah untuk jenjang SD dan SMP, beberapa hal perlu kami sampaikan terkait sertifikasi dan pendataan dapodik:

  • Sekolah agar segera melakukan entri data pada aplikasi dapodik
  • Data utama yang terdiri dari data sarana, siswa dan ptk agar diisi dengan sempurna guna kepentingan perencanaan di kementrian
  • Khusus bagi sekolah dimana terdapat guru yang sudah tersertifikasi maka:
    • Lengkapi seluruh data guru hingga sempurna (kualifikasi ijazah, status, masa kerja, dst)
    • Perhatikan pada kolom rombel (di rincian sekolah) lakukan mapping beban kerja guru yang bersangkutan dengan cara “drag n drop” pada rombel yang bersesuaian dengan melengkapi beban kerja (Jumlah jam per-minggu) dan mata pelajaran yang diampu-nya. Dari proses ini maka akan terlihat beberapa hal : 1) Apakah guru tersebut mengajar, 2) Mata pelajaran yang diampu, 3) Beban kerja dari guru tersebut.

Pemenuhan beban kerja minimal 24 jam bagi seorang guru yang sudah tersertifikasi sepenuhnya akan diambil dari data dapodik ini. Data iniĀ  akan diambil pada BULAN OKTOBER, sehingga pastikan jangan sampai guru tersebut tidak tercatat di pendataan dapodik karena akan berpengaruh terhadap PENCAIRAN TUNJANGAN PROFESI dari guru tersebut.

 

Pelaksana Subag Perencanaan Dinas Pendidikan Kabupaten Tangerang

Tagged with: ,
Posted in Umum
30 comments on “Dapodik dan Sertifikasi
  1. Yedi says:

    Terimakasih atas informasinya. Semoga Bp sekeluarga tetap dalam lindungan Allah SWT.
    Mohon petunjuk bagaimana cara dan kemana untuk mendapatkan dapodik? Sebagai informasi, sejak dua tahu lalu saya ditunjuk sebagai operator dapodik, namun seiring ada perubahan maka dapodik tahun lalu tidak bisa diakses sehingga tidak bisa mengentri data.
    Terimakasih atas jawabannya.

  2. Hamzah says:

    Assalamu;alaikum Wr. Wb. Pak Cecep saya operator dapodik di SDN Daon 2. Mau tanya Bagaimana cara melihat data dapodik yang sudah saya kirim ke server diterima atau tidak? Apa ada alamat Webset yang bisa saya kunjungi untuk memastikan data yang saya kirim masuk atau tidak. Trmksh. Wassalamu’alaikum Wr. Wb
    NB : Mohon Jawabannya.

    • Cecep Khaerudin says:

      Secara individu setiap operator sekolah dapat melakukan kros cek pengiriman data dengan cara masuk ke alamat http://pendataan.dikdas.kemdiknas.go.id, silahkan login dengan username dan password yang sama dengan aplikasi offline. Pastikan semua data sudah terkirim, kross cek untuk semua data sarana, rombel, siswa dan ptk yang muncul di server apakah sudah sama atau belum.

  3. sanwanis2f says:

    ass, pa punten, SDN Onyam 3 udah kirim ke server pada bulan puasa lalu, saya cek sekarang di daftar lisnya ko ga ada gimana tuh????

  4. ariel_radent says:

    salam… maaf pak mau tanya,, utk SDN Tegalkunir Lor 2 dan SDN tanjung Anom Kec. Mauk Ko datanya blm ada di PROGRES yah… padahal saya sudah mengirimkan nya lewat Server dari kemarin… Mohon Penjelasan nya terima kasih

  5. putri says:

    assalamu’alaikum…..
    saya mau tanya pak, saya sdh upload data ke server….sampai selesai (red:upload selesai)
    n ketika maukroschek ke link http://pendataan.dikdas.kemdiknas.go.id dengan menggunakan username dan password pada aplikasi yg offline…. ga bisa masuk….. dengan pesan : “USER TIDAK DITEMUKAN” mohon solusi….. terima kasih….wassalam…

    • Cecep Khaerudin says:

      Butuh waktu bagi server untuk mem-proses data hasil kiriman tersebut. Biasanya server me-refresh datanya selama 2×24 jam tergantung policy admin-nya. Saya sudah periksa di server dan ternyata kiriman data dari tanggal 24 September hingga tanggal 30 september belum ada yang di proses. Itulah mengapa muncul pesan “USER TIDAK DITEMUKAN”. Silahkan login beberapa hari kedepan dan periksa keberhasilan proses data di sisi server.
      Terimakasih

  6. Mansyur says:

    Ass.wr.wb
    Mohon bantuannya…
    Mohon di jelaskan maksud pesan “belum di verifikasi ” pada tab register pengiriman di akun sekolah pada pendataan kemdiknas..
    terima kasih

  7. kusmintarti says:

    mohon bantuan
    mengapa data dapodik saya tdk keluar padahal kemaren saya sdh mengisi scr online?

  8. ahmad zaenuri says:

    bagaimana cara mengisikan jumlah jam tatap muka bagi kepala sekolah dasar ? saya telah mengirimkan jumlah jam tatap muka 6 jam, tetapi dinyatakan fatal.mohon petunjuk.terima kasih (ahmad zaenuri )

  9. sutarti says:

    tolong cek untuk SD N 1 Bawu yang sudah masuk datanya siapa saja ya pak… trimakasih

  10. Wahudi says:

    Salam..
    Jika data sudah di upload ke server apakah sewaktu waktu bisa diupdate lagi oleh operator sekolah dengan perubahan data terbaru.

  11. bagus dk says:

    saya dari jawatimur kab. bojonegoro mau tanya knapa kok jumlah jam mengajar guru kok gk bisa tampil di data PTK perorangan ya… mohon balasnya

  12. assalamu’alaikum pak ,,,
    mav mau tya ,,, saya kan sudah mengisi jumlah jam mengajar d rombel pada aplikasi pendataan untuk semua PTK tp ko ketika saya cek lagi d p2tkdikdas ,,, JJM masih kosong ,,,
    saya operator dari Sd n 3 purwokerto lor,,,gmn solusinya pak,,terimakasih

  13. verrie says:

    maaf pak aplikasi saya masih offline padahal sudah terkoneksi internet.cara mengatasinya bagaimana pak??terima kasih

  14. joni handoko says:

    assalamualaikum

    maaf pak saya ingin bertanya tentang tata cara masuk ke sistem manajemen pendataan pendidik. sudah saya masukan user name dan passwordnya sesuai ketentuannya. namun user masih tidak ditemukan pak. mohon bantuannya.

  15. bambang says:

    assalamukallaikum pak saya kirim dapodik lewat aplikasi masuk ke sever tapi ngak koplit mautambah data yang kurang kirim ke server kok sulit g mana yaaaaa???????… makasih

  16. Wiska_Wesley@yahoo.co.id says:

    Asslkum..
    mf sya hendak tanya..batas akhir Oktober Tahun lalu..apa tahun skarang (2013),dan klo semisal ada perbaikan data..otomatiskan masuk waktu jatuh tempo..,itu gmna solusinya..apakah data yg saya kirim kemudian hari akan masuk/terctat pakk…mohon penjelasanya.
    sebelumnya,terima kasih untuk jawabny……….

  17. Wiska_Wesley says:

    di kolom PTK itu ada beberapa kolom lagi Pak…seperti Tuhas Tambahan,Riwayat mengajar,Riwayat pendidikan Formal,tntng gaji berkala dst…
    itu apakah wajib harus di isi pakk…mhon penjelasanya..

  18. Wiska_Wesley says:

    Mohon Ceking Data Untuk sdn 1 Bumiarum Pringsewu-Lampung.
    Trims.

  19. Nur Widodo says:

    kasihan tmen2 gr. yang belum paham. begitu rumitkah? konsen mengajar terpecah-pecah

  20. PA,MOHON PENJELASANNYA.SAYA MENGAJAR DI SEKOLAH INDUK 6 JAM DITAMBAH TUGAS TAMBAHAN 12 JAM.SELAIN ITU SAYA MENGAJAR LAGI DI SEKOLAH LAIN 6 JAM.PERTANYAAN SAYA APAKAH BEBAN MENGAJAR 24 JAM SUDAH TERPENUHI ATAU BLUM?

  21. Aolia rahmawati says:

    Bpk..Saya dah mengisi mengisi jam di aplikasi yaitu Untuk jam Imbas 3 jam dan untuk induk 21 jam.Permasalahannya ketika saya ngecek di internet ada keterangan jam linear kosong..Trus bagaimana cara mengisi jam linernya.

  22. kukut says:

    ass, saya udah kirim data base dan udah saya isi lenglap, tapi waktu saya cek di manajemen pendataan, guru dan siswa kok gk ada rinciannya

  23. Alive says:

    pak daftar nama cpns kategori 2 buka di web apa yah?

  24. assalam.. wr.wb.
    pak maaf untuk petugas administrasi dari sd Negeri Cibetok II yang sekarang LUBIS BAEDOWI

Leave a Reply

