Kesalahan NUPTK dan Ketidaksesuaian Kode Sertifikasi


Sebagaimana dimaklum bahwa Rekapitulasi Daftar Penerima Tunjangan Profesi Tahun 2013 (SD/SDLB dan SMP/SMPLB) sepenuhnya diambil dari database aplikasi dapodik. Proses validasi bahwa seseorang berhak menerima tunjangan profesi ditentukan oleh : 1) Jumlah jam mengajar [minimal 24 jam] dan 2). Mengajar mata pelajaran yang sesuai dengan bidang studi sertifikasinya.

Beberapa kendala muncul diantaranya :

  • Nomor NUPTK yang dimiliki berangka 99999999xxxx atau 90000000xxxx.
  • Terjadi perbedaan kode mata diklat sertifikasi untuk peserta tahun 2006/2007/2008 dengan referensi kode mata diklat terbaru di aplikasi dapodik. Kode mata diklat itu bisa dilihat di nomor peserta kelulusan (Tiga digit pada nomor 789 dari nomor peserta kelulusan sertifikasi) Contoh 07280306100480 berarti kode mata diklat sertifikasinya 061.

Masalah tersebut di atas-lah diantaranya yang kemudian menyebabkan guru-guru terkelompok di data “BELUM UPDATE dan TIDAK MEMENUHI SYARAT” di file berikut (SILAHKAN DOWNLOD).

Solusi :

  1. Perbedaan Kode Mata Diklat Sertifikasi
    • Download daftar kode konversi di sini
    • Pastikan bahwa anda mengisi kode sertifikasi bidang studi yang sesuai di dapodik
      Kode-Sertifikasi
    • Pastikan anda mengajar mata pelajaran yang sesuai (jumlah jam minimal 24 mempengaruhi kelayakan menerima tunjangan)
    • Setelah semuanya sudah sesuai, kirim data dapodik-nya dan SEGERA MENGHUBUNGI PAK NISMAN (Petugas Sertifikasi di Kantor Dinas Kabupaten untuk melakukan KONVERSI MATA DIKLAT tersebut.
    • Untuk guru guru SMP umumnya terkendala di mata pelajaran Sejarah, Ekonomi, Biologi.
  2. Untuk guru yang memiliki NUPTK 99999xxx silahkan gunakan NUPTK yang BENAR di data dapodiknyanuptk

Pelaksana Subag Perencanaan Dinas Pendidikan Kabupaten Tangerang

Tagged with:
Posted in Umum
68 comments on “Kesalahan NUPTK dan Ketidaksesuaian Kode Sertifikasi
  1. Dede Damyati says:

    Pak saya mau bertanya, kenapa nomor sertifikasi untuk angka awal adalah nomor 1, sedangkan di SK untuk angka 0

  2. ngatirin says:

    Pa, kepsek SDN Guradog a/n Ngatirin sudah menghubungi Pak Nisman, tp masih tidak memenuhi syarat

    • mamiem spdi says:

      pak,, kenapa TMT saya kosong dan jam tatap muka kosong sedangkan di rincian ada. dan data dapodik kami ada penimpahan dengan sekolah lain
      ..?? apakah hal tsb berpengaruh pada tunjangan sertifikasi saya??

  3. chusnul says:

    pak, oprator di sekolah kami sudah mengirimkan data yg tdk valid. berapa lama biasanya perbaikan datanya? sepertinya sudah berkali2 mengirim. trimakasih atas jawabannya

  4. chusnul says:

    maaf. maksud saya, sudah berkali2 memperbaiki data yg invalid. tapi kok masih invalid juga. brapa lama ya perbaikannya?

    • Cecep Khaerudin says:

      Apakah invalidnya karena 2 masalah diatas atau karena hal lain ?. Untuk lebih jelas terkait teknis silahkan datang ke kantor disdik dan kita koreksi sama-sama databasenya.

      Terimakasih

  5. inayah says:

    Ass…pa cecep..di smp sy ada guru b.inggris mengajar 26 jam terdiri dari pelajaran b.inggris 12 jam n english conversation (EC) 16 jam…masalahnya EC tidk ad di daftr pilihan pelajaran…klo dipilihnua di lainnya EC tidak tampil…gmn solusinya

    • Fauzie Ahmad says:

      Bu Inayah mungkin sedikit coba kasih pendapat

      kalau d sekolah atau sertifikasi yang dikenal ituh hanya induknya saja jadi anak dan keturunan beserta cucu cicitnya belum d kasih lebel jadi iabarat marga pada suatu kaum………. yang d kenal pada dunia pendidikan saat ini baru “BAHASA INGGRIS”nya saja karna english conversation (EC) itu adalah turunan atau bagian dari bahasa inggris tadi……..
      mungkin saran saya guru tersebut di tulis/diisi saja dengan bahasa inggris terlepas dia mengajar apa………. jika memang tidak cukup karana guru bahasa inggrisnya cukup banyak lebih dari 1 atau 2 dan rombelnya tidak memenuhi jadi ya mohon maaf sertifikasinya tertunda……….. sekian mungkin jadi tambah pusing ya………….

    • Suarsa says:

      Slamat siang ibu inayah, kasus yg ibu tulis terjadi di tahun 2013, nah skarang di tahun 2016, SMA mulai menggunakan dapodik dan semua guru bhs inggris di sekolah kami mengalami kasus yg sama dg yg ibu sampaikan yaitu mengajar English conversation sbanyak 4 jam. Bhs inggris 20 jam. shingga sertifikasi terkendala.
      Mohon pencerahannya ibu, karna ibu sudah lebih dulu mengalami.
      Mudahan terbaca komen saya oleh ibu mengingat ini sudah lama

  6. Fauzie Ahmad says:

    kang Cecep punteng kalau ada guru yang belum memiliki NUPTK bagaimana cara mengisinya? apakah angka 9 sebanyak 16 dijit atau bagai mana?

  7. inayah says:

    Iya…coment pa fauzi jd tambah bingung nih…jadi maksude EC tidak di masukan kedalam B.Ingg artinya dia cuma ngajar 12 jam aja ya….wah bisa ngambek tuh..sementara klo ditulis B.Ingg emang ada di 3 kls jmlh jam ngajar perminggu jd 6 jam…bisa ga ya..

  8. SYAHRUL RUSDIANA says:

    Pak Cecep yang saya hormati, tolong berikan pencerahan. Saya sertifikasi bidang studi Bahasa Indonesia dan di SMP saya mengajar Bahasa Indonesia 12 Jam dan Bahasa Inggris 12 Jam. Apakah itu masuk kategori yang akan menerima tunjangan profesi??? Masalahnya saya lihat masuk tidak memenuhi syarat dan di dalam daftar tersebut keterangan saya yaitu:
    – Bidang Studi Sertifikasi dinilai tidak valid;
    – Tanggal Pensiun dinilai tidak valid;
    – Status Kepegawaian dinilai tidak valid;
    Mohon dijawab pak, terima kasih

    • Cecep Khaerudin says:

      Syarat seseorang menerima tunjangan profesi yaitu : 1) Mengajar sesuai bidang studi sertifikasinya dan 2) Jumlah jam mengajar minimal 24 jam untuk mata diklat yang linier (sesuai bidang studi sertifikasi) tadi.

      Untuk kasus bapak, berarti point nomor 2 (soal jumlah jam 24 untuk mata diklat yang sesuai), tidak terpenuhi.
      Berarti tidak termasuk kategori yang akan menerima tunjangan profesi.

      • SYAHRUL RUSDIANA says:

        Pak Cecep, kebetulan saya juga ngajar di SMA untuk mata pelajaran bahasa Indonesia 12 jam. Apakah jumlah jamnya bisa disatukan dengan sertifikasi saya di SMP bidang studi bahasa Indonesia??/

        • Penambahan mengajar diluar jenjang SMP (seperti sma/smk) di input manual di aplikasi profesi. Silahkan datang ke kantor disdik, bertemu dengan Pak Nisman dengan membawa kelangkapan bukti bahwa bapak mengajar di kelas sma/smk tersebut.

          Terimakasih.

  9. Rudy Hidayat says:

    Assalamu’alaikum Wr.Wb, Pak Cecep punteun, saya sudah menghubungi operator dapodik di sekolah saya SMP PGRI 338 Sndangsono sesuai amanat pak Nisman, tapi dapodik saya tidak berubah, masih tetap diposisi tidak memenuhi syarat untuk pencairan tunjangan profesi. Tolong solusinya Pak,

  10. Komenk says:

    punten kang cecep mun aya NUPTK ganda, NUPTK Dinas dan NUPTK Bank bjb yang di pake di DAPODIK NUPTK yang mana ?

    • Cecep Khaerudin says:

      Referensi NUPTK mengacu ke database NUPTK di aplikasi yang ada di dinas, bukan di BJB.

      • Komenk says:

        punten deui kang, Apakah NUPTK Dinas sama dengan NUPTK yang ada di pusat. contohnya saya liat di daftar nama” yang akang umumkan yaitu orang” yang belum UPDATE dan TIDAK MEMENUHI SYARAT disitu lengkap biodata PTK ada NIP, NUPTK DLL. sama nte kang ?

  11. Neng Marhamah says:

    PA,KENAPADLAM JJM SYA MASIH 12 JAM,PADAHAL OLEH OPERATORDAPODIK DISEKOLAH SUDAH DIPERBAIKI MNJADI 24 JAM.DAN KENAPA MASALAH SAYA ANTARA KODE MATA PELAJARAN DNGN BIDANG SERTIFIKASI DIANGGAP TIDAK SESUAI, PADAHAL SAYA MENGAJAR PKN DAN KODENYA 154.TRUS BAGAIMANA DENGAN TUNJANGAN NYA ,APA BISA CAIR?

    ________________________________

  12. Budi Yansyah says:

    maaf pak cecep, saya sudah mengisi data tersebut dengan benar. tapi tetap saja ada beberapa orang yang masih masuk ke dalam kategori TIDAK MEMENUHI SYARAT.
    gimana pak?
    mohon solusinya

  13. Kang's Elan says:

    Ass. Kang aduh mani lieur pisan, atuh Kang !
    Yang sertifikasi tahun 2008 teh sudah nomor peserta sertifikasi sudah menggunaan 027 bagi guru kelas SD/MI tapi naha status awal belum update eh…sekarang namanya tidak ada di daftar, kumaha etang Kang……?

  14. pak cecep setelah saya liat info data PTK diinternet, banyak kesalahan yang terjadi pak.
    padahal DAPODIK tahun 2012 2013 untuk semester 1 dan 2 belum pernah saya upload, tapi keterangan disananya sudah terupload, keterangan tanggal terakhir upload yaitu tanggal 04-12-2012 itu bagaimana pak….?
    sedangkan buat uploadnya ja ga bs. LAPTOP nya terkena VIRUS pak ga bs Connect ke internet koq bisa sampai ke upload y mohon bantuannya pak. apakah harus saya upload ulang dari Smt 1 dan 2 thn 2012-2013 atau bgmana ?
    ini penting pak balas ke email saya ja ya pak betongaming@yahoo.com

  15. b muldani says:

    Pak cecep, saya sudah perbaiki data NUPTK kemudian saya upload. di Aplikasi sudah berubah tapi di data manejemen pendataan belum berubah. kenapa ya?

  16. abie says:

    Bapak’ Ibu” blm tau sih rasana jadi operator.. serba salah,bingung, banyak tekanan, apa lagi yang sudah sertifikasi beeeuuuuh… d tmbh urusan tumpeng sangkut pauttin. yg lain jg ikut neken,,,, tp satu pun g ada mkirin gmna pusing’a jadi operator. yang dapet orang lain yang pusing kita’ yang jadi operator..

  17. erwan says:

    kalo situs buat cek laporan dta dapodik seperti yg di atas itu gmana ya kang? mohon bantuanya kang

  18. Nununk says:

    Pa untuk pencairan tunjangan propesi TK ko ga ada kabar, yg SD.SMA,SMP udah cair kita bagaimana

  19. ardiansyah says:

    nama saya Poppy Sri Istiqlalia Dewanti Nuswantari, nuptk saya 7149748650300003, nip saya 197008172000122002, nomor sertifikat 1331215700051, tahun lulus 2012, kode sertifikasi Bahasa Inggris, kata nya nuptknya double dengan nuptk guru lain, jadi di data verifikasi data gurunya jam linear jadi 0, mohon dibantu pak

    • Perbaikan data NUPTK ganda silahkan di selesaikan di kantor disdik. Nanti ada petugas yang bisa bantu. Terimakasih

      • ardiansyah says:

        udah dicek, di sim nuptk, nuptknya milik saya, tapi saat saya telpon ke p2tk, nuptk dan nrg saya sama dengan guru yang diponorogo, masalahnya ibu itu belum sertifikasi, sedangkan saya sudah

  20. hj rohanah says:

    di sekolah kami masih terdapat guru yang beluv valid,menurut keterangan yg muncul ternyata bidang studi /kode sertivikasi tidak sesuai.padahal operator sudah memasukan kode sesuai dg kode yg ada pada sertifikat (mulok bahasa daerah) menurut ket di konversi nilai di sd bahwa mulok itu 61, tapi ternyata kode 61 belum terdaftar,dan ternyata sk tujnangannya tidak keluar
    APA YG HARUS KAMI PERBAIKI, KEMANA KAMI HARUS MEMPERBAIKI KODE, KAMI KEBINGUNGAN

  21. hj rohanah says:

    sertipikat sertifikasi kepala sekolah di sd termasuk dalam bidang studi mulok bahasa daerah,tetapi sampai sekarang belum valid, dengan alasan kode tidak sesuai,
    tolong dimana letak kesalahan?

    • Cecep Khaerudin says:

      Sebaiknya datang ke kantor disdik, sepertinya diperlukan konversi manual di sisi sistem sinkron dengan data kelulusan. Terimakasih

  22. hilmi says:

    ass, Pak pecah rombel dalam dapodik bermasalah tidak? misalkan semester I rombelnya 8 disemester II rombelnya lebih dari 8, mohon jawabannya ya Pak!

    • Cecep Khaerudin says:

      Dapodik adalah potret kondisi sekolah sebenarnya, bila memang ada 8 yang cantumkan 8. Tidak boleh 8 mengaku 9. Solusi 8 menjadi 9 tentu harus diikuti pembenahan dan distribusi guru mengajar serta konsekuensi ruangan yang tersedia, tidak semata-mata pemenuhan jumlah jam. Terimakasih

  23. inayah says:

    Assalamu,alaikum…pa cecep punten nih…operatot sekolah saya sudah mengirim data dapodik..tapi status cek konversi..artinya apa? Klo sedang proses sampe berapa lama…
    Satulagi pa kenapa SMPN 2 Mauk NPSN nYa sama dengan SMPN 1 Mauk…? Gimana cara merubahnya?
    NPSN SMPN 2 Mauk 20603134

  24. abie says:

    pak cecep perbaikan jam mngjr sdh saya lakukan pda tgl 26 kmrn? bgaimna apakh tunjangan sukwan bisa d cairkn kpada guru yg perbaikan jam minimal 24 jm ? apa mengacu pada data awal pngiriman?

  25. Cecep Khaerudin says:

    Penerima tunjangan fungsional Non PNS di SK-kan pertengahan Maret lalu, sehingga database yang diambil adalah data per-kondisi sebelum bulan maret. Terimakasih.

  26. edi kusyanto ( operator smkn 5 mauk ) says:

    mohon maaf pa cecep, tadi saya dapet informasi tentang UPDATE NUPTK ONLINE, terus saya harus masuk ke site mana yah? saya baru tahu tadi. mohon balasanya ke email saya
    edibackamp@rocketmail.com

  27. Mawar Solihati says:

    pa, datanya masih yang lama belum perbaikan per 22 april ya?

  28. sdn 3 siliragung says:

    saya dari operator SDN 3 siliragung kab.banyuwangi. permasalahan kami di SD kami an. YULIYANTO. NUPTK : 2442741643200004. setelah kami cek di p2tk kok status kelulusan sertivikasi atas nama PAEMAN,S.Pd kab. Jombang. padahal diintraweb online itu bener” nuptk atas nama yuliyanto. bagaimana jalan keluarnya pak? apa nuptk itu dipakai orang lain?

  29. WIJI ASTUTI says:

    Pak untuk ketrampilan pembukuan/akutansi sederhana kenapa tidak linier dg IPS padahal dalam sertifikatnya ada tertulis Bidang Studi Ekonomi ( UMUM, KOPRASI. AKUTANSI)

  30. edi says:

    mohon maaf pa cecep, saya mau tanya tentang aplikasi SIMNUPTK apakah untuk revisi dan pengajuan baru menggunakan aplikasi itu untuk tingkat SMK? terima kasih

  31. chusnul says:

    assalamu’alaikum pak cecep
    saya ngecek data di P2TK sudah ada sk 0238.28/C5.6/TP/P/2013 tanggal 25 Maret 2013 tapi data yg diunggah per 7 April kok nama saya sama rohmiati tidak ada ya? dari sdit attaqwa garuda. trimakasih atas penjelasannya

  32. sahra says:

    pak sy mau bertanya….sy sertifikasi thn 2007 dgn kode bidang studi lainnnya(bhs.inggris) 061 di SD..mengajar bhs inggris..yg menjadi masalah kode bidang studinya ga liniear dengan mata pelajaran bhs inggris (157) ..so sy dapat saran dari teman katanya kode bidang studi 061 di konversi ke 027 …akhirnya data di setiap rombel dapodik sy ubah menjadi 027 …hasilnya …jjm linearnya 24..betapa bahagianya saat itu….tapi beberapa hari kemudian op sekolah pergi mempertanyakan ke dinas daerah…ternyata mereka menyuruh op sekolak ku mengubah kembali kode bidang studi 027 ke kode 061 … otomatis jjm linear kembali 0…alasan mereka..konversi kode bidang studi di daerah ku belum berlaku..tunggu konfirmasi dr pusat…mohon pencerahannya..

  33. Albert Adi says:

    Pak Cecep, saya mau mengaktifkan asal mula NUPTK Jakarta Barat terus pindah ke Tangerang bagaimana caranya ya. Tx albert

  34. Neng Marhamah says:

    PA,DATA BARU PENERIMA TUNJANGAN SERTIFIKASI KAPAN DI PUBLISH KAN?

    ________________________________ Dari: Neng Marhamah Kepada: Dinas Pendidikan Kabupaten Tangerang Dikirim: Kamis, 18 April 2013 12:03 Judul: Bls: [Tulisan baru] Kesalahan NUPTK dan Ketidaksesuaian Kode Sertifikasi

    PA,KENAPADLAM JJM SYA MASIH 12 JAM,PADAHAL OLEH OPERATORDAPODIK DISEKOLAH SUDAH DIPERBAIKI MNJADI 24 JAM.DAN KENAPA MASALAH SAYA ANTARA KODE MATA PELAJARAN DNGN BIDANG SERTIFIKASI DIANGGAP TIDAK SESUAI, PADAHAL SAYA MENGAJAR PKN DAN KODENYA 154.TRUS BAGAIMANA DENGAN TUNJANGAN NYA ,APA BISA CAIR?

    ________________________________

    • Coba konfirmasi dengan pak Nisman (Petugas sertifikasi kabupaten tangerang) barangkali ada kesalahan kode yang harus di konversi di sisi aplikasi tunjangan-nya.

      Terimakasih

  35. neng marhamah says:

    PA,MAAF KLO NANYA TRUS.DI SKOLA ROMBEL NYA CUMA 3 KLAS,SHINGGA ADA GURU YG SERTIFIKASI PKN CUMA 6 JAM,TRUS TUGASD TAMBAHAN WAKASEK 12 JAM,TRUS NAMBAH SK MENGAJAR PKN D SKOLA LAIN 6 JAM .ITU BISA MEMENUHI SYARAT GA UNTUK DPT TUNJANGAN?

  36. Mas, mau tanya, sy sertifikasi angkatan 2009
    1. NUPTK saya dikatakan tidak valid padahal sejak dapat no NUPTK sy ya itu. gimana caranya supaya VAlid.
    2. Sekolah induk skrang di SD Kristern Terang Bangsa dan sudah sy perbaiki sejak awal salah ke Diknas dan LPMP waktu itu tp kenapa masih tertulis SD Kristen Tri Tunggal ?

  37. ass, saya mutasi dari sma, sertif fisika (184) ke smp mengajar ipa (097), apakah antara fisika dan ipa kode mapael bisa di konversi

  38. arma ekawati says:

    ass,gmana perbaikan NUPTK yang selalu tidak valid padahal saya sudah menginput di didapodik dengan benar.?mhon penjelasannya!

  39. Mukhlish says:

    Assalamualaikum Wr.Wb. Puji syukur kehadhirat Allah Swt.Shalawat dan salam kepangkuan Alam Nabi Besar Muhammad Saw.harapan dan doa kita semoga kita senantiasa dalam perlindungan Allah dalam menjalankan Aktifitas sehari-hari Nama saya Mukhlish,S.Pd. Guru SD Muhammadiyah Kec Meureudu Kabupaten Pidie Jaya Prov.Aceh Saya memiliki permasalahan dengan Sertifikasi.adapun permasalahan saya sebagai berikut :

    1. Saya lulus sertifikasi Tahun 2014 dengan nomor peserta 14062022010432 dan nomor

    sertifikat 1011422002485 Bidang Studi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan kendala nya adalah,di info PTK saya tercamtum belum lulus sertifikasi dan jam linear tidak memenuhi syarat.penyebabnya adalah waktu mengikuti ujian sertifikasi saya menggunakan NUPTK yang dikeluarkan oleh Padamu Negeri dengan NUPTK 5748758659110052,padahal saya sudah memiliki NUPTK di data base P2TK dengan NUPTK 9748758659200012.ketika saya cek di info PTK status kelulusan saya belum lulus sertifikasi dan jam Linear belum memenuhi syarat,upaya yang telah saya lakukan adalah memasukkan NUPTK yang terdaftar pada data Base P2TK pada dapodik,hasil sinkronisasi data NUPTK pada dapodik dengan data base P2TK sudah sesuai. namun pada verifikasi data tunjangan Profesi status kelulusan sertifikasi belum lulus dan beban mengajar/tugas JJM belum memenuhi syarat.

    2. Nama pada data dapodik sesuai dengan ijazah yaitu MUKHLISH,sementara pada data base P2TK yaitu MUKHLIS.

    3. NIP pada data base P2TK adalah NIP lama yang dikeluarkan oleh Pemerintah daerah sesuai dengan SK 80 % yaitu 390026911.pada tanggal 06 oktober Badan Kepegawaian Negara Regional VI BKN mengeluarkan NIP Baru yaitu 198004162005041001.

    permasalahan ini telah saya sampaikan ke operator Dapodik Dinas Pendidikan

    Kabupaten Pidie Jaya,namun status di Info PTK saya masih belum lulus sertifikasi

    Berikut data PTK saya

    Nama : Mukhlish,S.Pd
    Nip : 198004162005041001
    NIK : 1118011604800001
    TTL : Pulo Seunong 16 April 1980
    Unit Tugas : SD Muhammadiyah Meureudu
    HP : 082364905480

    Email : bmuchlish@gmail.com

    Mohon Imformasi dan bantuan Bapak dengan Permasalahan saya diatas,karena ada yang menganjurkan saya ke jakarta ke kantor pusat Dapodik. Demikian atas bantuan Bapak saya ucapkan terima kasih Wassalamualaikum Wr.Wb mohon sangat bantuan Informasi Bapak

    • Albert Adi says:

      Saran saya sebelum datang ke Jakarta pastikan dulu masalah anda di tanyakan ke diknas setempat sejelas-jelasnya dan data apa saja yang perlu disiapkan karena data anda double otomatis sertifikasi anda dibatalkan atau di tolak , gunakan data yang aktif dan berhubungan dengan data sertifikasi oke, semoga berhasil

Leave a Reply

